PEMBAHASAN TES DIAGNOSTIK SISTEM JARINGAN KOMPUTER

1. Jaringan komputer adalah

Jaringan komputer mengacu pada perangkat komputasi yang saling terhubung serta dapat bertukar data dan berbagi sumber daya satu sama lain. Perangkat jaringan ini menggunakan sistem aturan, yang disebut sebagai protokol komunikasi, untuk mentransmisikan informasi melalui teknologi fisik atau nirkabel.

     sumber :  https://aws.amazon.com

2. LAN adalah

Jaringan area lokal atau jejaring area setempat adalah jejaringan komputer yang menyambungkan komputer dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor.

     sumber : https://id.m.wikipedia 

3. WAN adalah

Jaringan area luas merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

      sumber : https://id.m.wikipedia

4. MAN adalah        

Jaringan area metropolitan adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan JAM adalah gabungan dari beberapa JAL.

     sumber : https://id.m.wikipedia

5. Tropologi jaringan adalah 

metode atau cara yang digunakan agar bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya bisa dengan menggunakan kabel atau pun nirkabel (tanpa kabel).

    sumber : https://diskominfo.kuburayakab.go.id

6. Tropologi jaringan bus adalah

Jenis tropologi pada jaringan komputer yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya atau menggunakan kabel pusat tempat dimana semua client dan server di hubungkan.

     sumber : https://teknik-informatika-s1.stekom.ac.id

7. Tropologi jaringan star adalah

salah satu jenis topologi jaringan komputer di mana setiap perangkat terhubung ke satu titik pusat atau “hub”.

      sumber : https://www.exabytes.co.id

8. Tropologi jaringan ring adalah

Topologi cincin atau yang biasa disebut dengan istilah topologi ring adalah sebuah desain topologi jaringan yang memiliki bentuk melingkar seperti cincin.

       sumber :  https://codingstudio.id

9. Pengkabelan jaringan cross adalah

Crossover cable atau lebih dikenal dengan sebutan kabel cross adalah kabel yang memiliki susunan berbeda di setiap ujungnya.

    sumber : https://www.dewaweb.com

10. Perkabelan jaringan stright adalah

Kabel straight, juga dikenal sebagai straight-through cable, adalah jenis kabel yang paling umum digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan lokal (LAN) atau menghubungkan perangkat dengan perangkat lain seperti komputer ke switch, komputer ke router, atau komputer ke modem.

       sumber : https://sisfo.ittelkom-pwt.ac.id

11. Perangkat keras yang di butuhkan untuk membangun jaringan komputer adalah 

Komputer, Card Network, Hub, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan koneksi jaringan seperti: Printer, CDROM, Scanner, Bridges, Router dan lainnya yang dibutuhkan untuk process transformasi data didalam jaringan.

       sumber :  https://bayoe.staff.uns.ac.id

12. Perangkat lunak yang di butuhkan untuk membangun jaringan komputer adalah

sistem operasi. Ada banyak sistem operasi yang beredar, mulai dari Windows, Linux, dan lainnya. Hampir semua sistem operasi sudah mampu digunakan untuk membangun jaringan komputer.

       sumber :  https://m.kumparan.com

13. Alamat IP adalah

label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk komunikasi. Alamat IP memiliki dua fungsi utama: host atau identifikasi antarmuka jaringan dan pengalamatan lokasi.

       sumber :  https://id.m.wikipedia.org

14. DHCP adalah

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah protokol klien/server yang secara otomatis menyediakan host Protokol Internet (IP) dengan alamat IP-nya dan informasi konfigurasi terkait lainnya seperti subnet mask dan gateway default.

        sumber : https://learn.microsoft.com/id

15. TCP/IP adalah

TCP/IP merupakan standar jaringan terbuka dan bersifat independen sehingga bisa digunakan di mana pun. Skema alamatnya juga sederhana, yaitu menggunakan alamat IP (IP address) yang bisa menghubungkan hingga ratusan juta komputer di internet.

       sumber :  https://cloudmatika.co.id

16. HTTP adalah

Protokol Transfer Hiperteks adalah protokol pada lapisan aplikasi untuk sistem informasi hypermedia yang terdistribusi dan kolaboratif.

       sumber :  https://id.m.wikipedia.org

17. HTTPS adalah

Hypertext Transfer Protocol Secure adalah ekstensi dari Hypertext Transfer Protocol. Ini digunakan untuk komunikasi aman melalui jaringan komputer, dan banyak digunakan di Internet. Dalam HTTPS, protokol komunikasi dienkripsi menggunakan Transport Layer Security atau, sebelumnya, Secure Sockets Layer. 

       sumber :  https://id.m.wikipedia.org

18. Switch/Hub adalah

Pengalihan jaringan.Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau perute pada satu area yang terbatas, pengalih juga bekerja pada lapisan taut data, cara kerja pengalih hampir sama seperti jembatan, tetapi switch memiliki sejumlah porta sehingga sering dinamakan jembatan pancaporta. 

        sumber : https://id.m.wikipedia.org

19. Router adalah

pihak yang mengatur lalu lintas jaringan, contoh populernya jaringan internet yang ada di rumah dengan WiFi. Jenis-jenis router adalah ada dua. Ada router nirkabel yang terhubung ke perangkat tanpa kabel dan ruter berkabel yang terhubung ke perangkat dengan koneksi kabel.

        sumber :  https://www.liputan6.com

20. Firewall adalah

tembok pelindung atau dinding api adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internal. Perangkat lunak yang digunakan untuk menjaga keamanan jaringan pribadi dengan cara memblokir akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi.

       sumber : https://id.m.wikipedia.org















Komentar

Postingan populer dari blog ini

JARINGAN KOMPUTER