Resume materi INFORMATIKA


https://drive.google.com/file/d/13jzlzT9WDwaKxEhF_JRbU3delF8Qyh10/view?usp=drivesdk



 BERPIKIR KRITIS DAN DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

     Revolusi industri 4.0 menyentuh hampir semua aspek dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pemanfaatan Internet of things (loT), automasi, teknologi cerdas di berbagai bidang, termasuk dalam bidang pertanian dan kesehatan.

    Sebagai contoh dalam pemanfaatan teknologi di bidang pertanian modern 4.0, petani dapat memantau kapan saatnya panen, kapan dan berapa banyak air yang harus dialirkan, tanpa harus datang ke sawah. pemasaran dan penjualan produk pun menjadi lebih efisien karena dapat dilakukan secara daring. Lalu Contoh pemanfaatan teknologi lainnya di bidang kesehatan, yaitu para dokter dapat melakukan operasi jarak jauh terhadap seorang pasien dari lokasi yang berbeda dengan lokasi tempat pasien dirawat. 

Perlu dipahami bahwa teknologi itu ibarat pisaubermata dua. 

     Di satu sisi, kehadiran teknologi internet sangat memudahkan distribusi dan akses informasi yang kita butuhkan, namun di sisi lain mengakibatkan beredar dengan mudahnya berbagai macam berita bohong (hoaks).

     Di era digital seperti sekarang ini, berita dan informasi tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari media cetak hingga digital yang sangat mudah di sebarluaskan. Beragamnya latar belakang masyarakat, menyebabkan respons orang terhadap suatu informasi pun beragam. Akibatnya, terkadang kita temukan peristiwa-peristiwa yang tidak diharapkan, bahkan merugikan atau membahayakan nyawa. Sebagai contoh, cukup sering kita mendengar atau membaca berita tentang orang yang tertipu pesan singkat yang dikirimkan melalui ponsel.

    Banyaknya berita hoaks yang beredar dan dipercaya cukup banyak orang, juga menjadi penanda bahwa orang sangat mungkin tidak berpikir jernih, kritis dan mendalam ketika mendapatkan suatu informasi. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kritis penting sekali demi lebih baiknya kualitas hidup seseorang.

    Olehkarena itu, kita perlu memiliki kemampuan mengevaluasi informasi digital dan kemampuan berpikir. Semakin tinggi kemampuan berpikir kita, maka semakin berkualitas pula keputusan-keputusan yang diambil, pekerjaan yang dilakukan serta karya yang dihasilkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JARINGAN KOMPUTER

PEMBAHASAN TES DIAGNOSTIK SISTEM JARINGAN KOMPUTER